TeamViewer 7 Remote Desktop

 Teamviewer 7 Logo

” TeamViewer The All-In-One Solution for  Remote Access and Support

over the Internet “

Demikian judul dari sebuah Official Website salah satu aplikasi terkenal di kalangan pemerhati IT. Yah, TeamViewer adalah salah satu aplikasi yang sangat direkomendasikan bagi mereka yang beraktifitas mobile dan cenderung melakukan pekerjaannya secara remote.

Pun demikian pada rilis terbaru kali ini TeamViewer diperkaya dengan berbagai macam fitur. Dari File SharingChatting, VOIP (Voice Over Internet Protocol), My Video (Video Call) dan Conference Call. Ini tentunya akan membuat pekerjaan kita semakin mudah.

Satu poin penting dan merupakan nilai tambah dari aplikasi ini adalah “freeware” alias gratis. Dan jika Anda tertarik untuk mendapatkan versi premiumnya, banyak juga fitur-fitur yang bisa diambil. :D

Tidak seperti aplikasi Remote Desktop yang lain, yang hanya berjalan pada platform Windows saja. Teamviewer dapat diaplikasikan pada beberapa platform yang umum digunakan sebagai desktop saat ini. Linux dan Apple Mac OSX adalah beberapa platform yang sudah terbukti mampu menjalankan aplikasi ini. Tidak menutup kemungkinan jika Anda adalah seorang programmer dan developer yang handal. Maka sangat mungkin Anda dapat membuat aplikasi ini berjalan pada beberapa platform lain.

Anda bisa mendapatkan aplikasi ini secara gratis di website resminya :

http://www.teamviewer.com

Hingga tulisan ini dipublikasikan, Teamviewer sudah mencapai versi 7.0.12142. Dan tentunya masih akan terus disempurnakan.

Lalu, apa yang akan Anda dapatkan?

Berikut beberapa fitur yang akan Anda peroleh :

Ini adalah fitur utama dari Teamviewer. Anda dapat me-remote / mengendalikan desktop pada PC Anda yang terdapat dalam satu LAN (Local Area Connection) ataupun dengan menggunakan koneksi internet. Sehingga pekerjaan Anda dapat dengan mudah terselesaikan :)

Remote Desktop

 

Disini fitur FTP (File Transfer Protocol) berfungsi untuk bertukar file atau mengirim file dari jarak jauh. Tanpa perlu harus updload terlebih dahulu file ke server FTP. Transfer file terjadi sama persis dengan ketika kita bertukar file di dalam jaringan lokal. Tentu disini kecepatan transfer file dipengaruhi dengan besarnya bandwith yang kita miliki. Semakin besar bandwith yg kita miliki. Maka transfer file juga akan terasa cepat. Fitur ini juga dapat diaktifkan meskipun kita menggunakan jaringan lokal.

File Sharing and File Transfer

 

Fitur ini dapat kita gunakan seperti halnya kita menelepon. Namun bedanya disini kita menelepon melalui jalur internet. Jika fitur ini diaktifkan, maka kita dapat bercakap-cakap melalui jaringan baik lokal maupun melalui jaringan internet.

Voice over Internet Protocol

 

Berikut adalah fitur My Video (Video Call) yang memungkinkan kita untuk dapat berkomunikasi Dengan client / komputer yang kita tuju dengan menggunakan Kamera web (Web Cam). Tentunya dapat pula kita gunakan untuk melayani client / teman apabila membutuhkan bantuan kita secara langsung.

My Video / Voice Call

 

Fitur ini dapat kita gunakan ketika kita ingin melakukan perbincangan dengan banyak client yang menggunakan TeamViewer sekaligus. Untuk itu perlu kita masukkan kode Conference call yang kita dapatkan dari server TeamViewer sebelum melakukan perbincangan bersama-sama.

Conference Call

 

Fitur ini memungkinkan kita untuk bercakap-cakap dengan client atau komputer yang kita tuju. Sehingga ketika kita tidak mempunyai web cam untuk melakukan Video call. Kita masih bisa berkomunikasi dengan komputer yang kita tuju dengan fasilitas chatting ini.

Chatting

 

Demikianlah fitur-fitur dari Teamviewer. Untuk Instalasinya, Anda dapat melihat pada artikel “Instalasi Teamviewer 7″ :D

Selamat Mencoba :D

6 Comments

Leave a comment